Selasa, 27 September 2011

PELUANG USAHA DI BIDANG KELAUTAN DAN PERIKANAN


PELUANG USAHA DI BIDANG KELAUTAN DAN PERIKANAN
Oleh : Endarto S.Pd (Staf KP3K)


            Tidak bisa dipungkiri, Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia tidak bisa lepas dari kehidupan laut dan ikan. Sejak jaman dahulu, nenek moyang kita dengan perahu dan kapal tradisional telah mulai menjelajah laut untuk mencari penghidupan. Tidaklah heran sampai ada lagu ”Nenek Moyangku Seorang Pelaut” yang menggambarkan keberanian mereka mengarungi samudera walaupun dengan peralatan yang masih terbatas. Tidak hanya itu, di daratanpun mereka memburu ikan dari danau, sungai, rawa dan secara sederhana mulai membudidayakan ikan dengan membuat kolam atau empang.
Memang, dunia kelautan dan perikanan, disamping bidang pertanian dari dahulu sudah memberikan penghidupan bagi umat manusia. Apalagi pada saat ini, dimana jumlah umat manusia semakin banyak dan semua butuh makan dan memenuhi kebutuhan lainnya. Dunia kelautan dan perikanan merupakan ruang usaha yang sangat luas dan menjanjikan bagi manusia untuk mencari nafkah disamping sektor-sektor lainnya. Terlebih lagi di jaman modern ini, dari hulu sampai hilir, sudah terjadi modernisasi dan diversifikasi produk di bidang ini. Sehingga peluang usaha di sektor ini makin luas, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

A. TAHAP  PRODUKSI
  • USAHA PENANGKAPAN
Usaha penangkapan merupakan usaha utama yang dilakukan oleh para nelayan kita, mereka tinggal mengambil apa yang sudah ada di alam. Penangkapan dapat dilakukan di laut maupun perairan umum seperti danau, bendungan, rawa atau sungai. Mereka tinggal menangkap ikan dengan modal kapal, bahan bakar, alat tangkap, bekal, box ikan, umpan dan kelengkapan lainnya. Untung dan ruginya tergantung jumlah tangkapan yang mereka dapatkan.
  • BUDIDAYA IKAN
Selain menangkap ikan di alam. Ada usaha lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ikan yaitu dengan budidaya baik itu budidaya ikan air tawar, air payau, budidaya laut ataupun ikan hias. Budidaya ini dapat berupa pembenihan maupun pembesaran ikan. Ada banyak ikan bernilai ekonomis tinggi yang dapat dibudidayakan agar hasilnya lebih menguntungkan seperti patin, gurameh, bandeng, udang, kerapu, lobster dan lainnya. Khususnya ikan hias di Indonesia ini juga terdapat banyak jenis ikan baik ikan hias air tawar maupun ikan laut yang terkenal dan bernilai tinggi.
  • BUDIDAYA NON IKAN
Budidaya non ikan ini diantaranya adalah kerang, mutiara, rumput laut, kepiting dan lainnya.

B. PENGOLAHAN TRADISIONAL
Usaha pengolahan ikan secara tradisional sudah dilakukan oleh masyarakat kita diantaranya adalah pembuatan ikan asin, ikan asap, pindang, otak-otak, dan pembuatan kerupuk ikan. Hal ini dilakukan selain untuk menampung tangkapan ikan yang melimpah juga untuk menaikkan nilai ekonomi agar dengan sentuhan ini harganya menjadi lebih mahal. Pembuatan ikan asin yaitu dengan melakukan penggaraman, pembuatan ikan asap/selai dilakukan dengan pengasapan, sedangkan pindang yaitu dengan perebusan.

C. PENGOLAHAN MODERN
Pengolahan modern semakin berkembang dengan ditemukannya berbagai teknologi pengolahan dan diversifikasi produk baik yang diadopsi dari luar negeri maupun dari hasil kreatifitas anak negeri. Jenis-jenis pengolahan modern ini adalah Bandeng Presto, Bakso Ikan, Surimi, Nuged, Abon, Fillet, Ikan Kaleng, Sosis, Tepung Ikan, Minyak Ikan, Ikan Crispy, dan masih banyak lagi.

D. USAHA TERKAIT LAINNYA
  • PENJUALAN IKAN SEGAR
Penjualan ikan segar ini dilakukan oleh para pedagang ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Mereka tinggal membeli ikan dari para nelayan dan pembudidaya ikan dan menjualnya begitu saja tanpa melakukan proses pengolahan.
  • USAHA PENGANGKUTAN/DISTRIBUSI
Usaha ini masih terkait erat dengan perdagangan ikan segar baik itu dengan menyediakan /menyewakan truk, mobil box, bak terbuka maupun jenis angkutan lainnya.
  • RUMAH MAKAN / RESTORAN IKAN
Usaha ini belakangan semakin berkembang. Baik itu dengan menyediakan berbagai masakan ikan laut atau Seafood maupun ikan air tawar. Modalnya adalah tempat yang nyaman, masakan yang lezat serta pelayanan yang memuaskan maka pengunjung akan terus datang dan selalu mengingat restoran kita.
  • PEMANCINGAN
Usaha pemancingan juga terus bermunculan bak jamur di musim hujan. Ada beberapa model pemancingan yang semua tujuannya adalah memanjakan dan memuaskan para hobiis mancing dan para pecinta ikan.
  • WISATA KELAUTAN DAN PERIKANAN
Wisata ini terutama ada di daerah pantai yang biasanya dilengkapi dengan wisata kuliner, hotel, kapal wisata/pesiar, speedboat, motorboat, selancar, diving and snorkeling. Untuk di non-pantai biasanya dipadukan antara kolam-kolam, penginapan dan restoran ikan serta fasilitas wisata lainnya.
  • BISNIS ALAT PERIKANAN
Bisnis ini bisa dari skala besar maupun  skala kecil, misalnya perusahaan kapal, perahu, jaring, berbagai alat tangkap, fishfinder, pancing, mesin kapal, coolbox, dan lainnya.
  • BISNIS PAKAN DAN OBAT IKAN
Lahan bisnis ini juga sangat menjanjikan yaitu dengan pembuatan berbagai jenis pakan ikan terutama untuk para pembudidaya juga obat ikan yang sangat mereka butuhkan ketika ikan-ikan terserang penyakit.
  • BISNIS IKAN HIAS
Seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta meningkatnya kebutuhan akan hiburan dan rekreasi, bisnis ikan hias juga terus berkembang baik lokal maupun internasional. Komoditinya adalah ikan hias air tawar maupun air laut. Bisnis ini juga membuka peluang usaha pembuatan aquarium dan pernak-perniknya.
  • EKSPOR DAN IMPOR
Nah yang ini sebenarnya sama dengan pedagang ikan tetapi ini levelnya internasional dan biasanya dalam skala besar, baik itu dengan mengimpor maupun mengekpsor ikan.
  • SOUVENIR
Souvenir dari sektor kelautan dan perikanan ini terutama adalah mutiara yang berasal dari kerang mutiara, berbagai produk dari kerang,  karang laut, pasir dan batu-batuan laut yang dibuat sedemikian rupa sehingga sangat elok untuk dipandang.
Demikianlah berbagai usaha disektor kelautan dan perikanan yang dapat menjadi lahan bagi anda yang ingin terjun bisnis di sektor ini. Sudah tentu masih ada beberapa jenis usaha yang belum diuraikan disini. Apabila ditekuni dan dilakukan dengan kesungguhan hati maka usaha-usaha tersebut akan menguntungkan buat anda. Dan kita selaku dinas yang mengurusi masalah tersebut juga harus bekerja keras membina masyarakat kita untuk berusaha di sektor ini sehingga dunia kelautan dan perikanan di Provinsi Banten akan terus berkembang.***2010

1 Komentar:

Pada 9 Agustus 2012 pukul 00.50 , Blogger Unknown mengatakan...

izin copy buat tugas kuliah! link smber pasti saya pasang. terima kasih

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda